Thursday, February 22, 2024
HomeTips & BocoranKenapa Banyak Aplikasi Pinjol Penguras Rekening di Android?

Kenapa Banyak Aplikasi Pinjol Penguras Rekening di Android?

Periset keamanan cyber dari ESET temukan belasan program utang online (pinjol) beresiko yang mengambil data peka korban. Tidak cuma mengambil, bahkan juga program itu minta pemakainya menaati syarat yang tidak logis.

Beberapa periset memberikan nama program pinjol palsu dengan istilah ‘SpyLoan’, yang diiklankan sebagai alat service keuangan untuk utang individu dengan tawarkan akses dana yang mudah dan cepat

Lusinan program itu telah didownload sekitaran 12 juta kali unduhan kombinasi dari Play Toko. Program pinjol palsu itu dialokasikan lewat sosial media, toko faksi ke-3 , dan beragam website, yang bermakna jumlah unduhannya kemungkinan akan lebih tinggi.

Mencuplik Techradar, Kamis (7/12/2023), sesudah pemakai mendaftarkan, pertanda bahaya pertama kali yang ada ialah ijin. Program minta banyak ijin yang objektif tidak dibutuhkan, seperti akses ke camera, log panggilan, atau daftar contact.

Baca Juga : betviva

Bila pemakai masih tetap meneruskan dan mendaftarkan untuk memperoleh utang, program akan selekasnya kurangi periode waktu utang jadi cuma sekian hari dan memberikan ancaman korban dengan olokan bila mereka tidak mematuhinya.

Ingat program mempunyai akses ke dalam daftar contact, program palsu itu mulai akan memberitahu beberapa orang yang terdapat dalam perincian itu.

Disamping itu, dia secara sembunyi-sembunyi kumpulkan banyak data peka, seperti daftar semua akun, informasi piranti, log panggilan, program yang diinstall, acara kalender, detil jaringan Wi-Fi lokal, dan metadata dari gambar.

ESET menjelaskan jika program itu bisa ambil data lokasi dan pesan text.

Program SpyLoan bukan hal baru, tetapi perubahannya bertambah di tahun 2023. Sebagian besar korban ada di Meksiko, India, Thailand, Indonesia, Nigeria, Filipina, Mesir, Vietnam, Singapura, Kenya, Kolombia , dan Peru.

ESET menjelaskan jika program ini sukses melalui pelindungan Google karena dikirim peraturan privacy yang sama sesuai, standard KYC yang diharuskan, dan keinginan ijin yang terbuka.

Tetapi, mereka terpaut ke website yang pasti adalah peniruan jati diri perusahaan sebetulnya.

Dari 18 program yang diketemukan, Google sudah hapus 17 program dari repositori aplikasinya. Satu yang masih ada saat ini ada dengan rangkaian ijin baru, karena itu dibolehkan untuk selalu bekerja.

Panduan agar terbebas dari teror SpyLoan, yakinlah cuma pada instansi keuangan yang telah paling dipercaya. Disamping itu, lihat secara jeli ijin yang disuruh waktu memasangkan program baru, dan baca pembahasan pemakai di Google Play, yang sering berisi panduan penipuan dari program itu.

Artikel lain : Ingin Mulai Investasi? Reksa Dana Pilihan Bagi Pemula!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments